Review lengkap Sony Xperia M | Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai

Sunday, August 18th 2013. | Review


Strategi marketing Sony dengan meluncurkan produk untuk semua segmen nampaknya cukup berhasil. Sebagian ponsel Sony mampu bersaing dengan penguasa segmen menengah yang saat ini dikuasai vendor-vendor besar. Xperia M  adalah salah satu ponsel yang dibuat Sony untuk menyasar segmen menengah. Ponsel ini diluncurkan pada Juli 2013  lalu dan tumbuh menjadi ponsel yang banyak diincar pemburu gadget. Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya? Apakah harga hp sony Xperia M sebanding dengan Performanya? Yuk simak Review Lengkap kami berikut ini.

Paket Penjualan

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar paket penjualan xperia m

-Handset Xperia M
-Handsfree MH410c
-Kepala Charger
-Kabel data mini USB
-SAR, User Guide Bhs. Inggris, User Guide Bhs. Indonesia
Kartu garansi

Desain dan Bodi

Sony Xperia M memiliki bentuk yang mirip dengan bodi smartphone-smartphone buatan Sony terbaru yang mengadopsi desain Omni Balance . Ponsel ini memiliki tombol power pada bagian samping bodi ponsel seperti yang dimiliki Xperia Z. Terdapat juga list silver di bagian samping ponsel yang menambah cantik penampilan Xperia M.  Bodi ponsel ini cukup tipis dan ukurannya pun tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Ukurannya pas, saat dimasukkan ke saku pun terasa nyaman.

Di bagian samping juga terdapat tombol kamera untuk mengambil gambar dalam satu kali sentuhan. Logo khas Sony tampil gagah di bagian back cover ponsel, logo dibuat timbul sehingga membuat ponsel tampak elegan. Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik Matte sehingga sedikit menghasilkan sidik jari saat dipegang. Namun, meski demikian material back cover ponsel ini masih tergolong bagus. 

Untuk masalah pilihan warna, Sony sengaja memberikan banyak pilihan warna yaitu kuning, ungu, putih, dan tentu saja hitam. Namun, meski begitu bukan berarti kita dapat dengan mudah menemukan keempat varian warna tersebut karena belum tentu semua toko menyediakan. Biasanya varian warna yang pasti ada adalah warna hitam dan putih.

Gambar Xperia M dalam warna putih, hitam, kuning ,dan ungu.

Depan Belakang Depan Belakang
 Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar xperia m ungu depan  Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar xperia m ungu belakang Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Xperia M Kuning depan
 Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Xperia M Kuning belakang
 Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar sony+xperia+m+hitam depan Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar sony+xperia+m+hitam belakang  Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Xperia M Putih depan  Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Xperia M Putih belakang

Performa

Performa ponsel tidak terlepas dari prosesor, GPU, dan juga RAM. Ponsel yang diluncurkan pada Juli 2013 lalu ini mengusung jeroan khas kelas menengah  yaitu dual core dengan kekuatan 1 ghz. Prosesor ini dipadukan dengan RAM sebesar 1 GB dan GPU Adreno 305.

Dalam hal multitasking, Xperia M sudah tidak diragukan lagi. Beragam aplikasi yang dijalankan secara bersamaan berjalan mulus dan lancar tanpa ada lag sedikitpun. Misalnya saja saat dicoba untuk membuka Line , Whatsapp, Operamini, dan Game Valkyrie Crusade ponsel bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Untuk kemampuan dalam menjalankan game HD kami belum mencobanya, namun kami berpendapat bahwa Xperia M mampu melibas game-game HD seperti yang dilakukan Xperia L mengingat spesifikasi prosesor , RAM, dan GPU nya sama persis.

Bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin menikmati hiburan film, anda tidak usah khawatir karena saat dicoba untuk memainkan video berkualitas HD 720p lancar jaya dan tanpa hambatan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai performa Xperia M, berikut ini kami berikan hasil uji AnTuTu benchmark Xperia M serta peringkat GPU dan CPUnya.

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Antutu Benchmark Xperia M

Skor AnTuTU Bechmark Xperia M

Kasta GPU pada Smartphone

Kelas low end

-Adreno 130
-adreno 200
-powerVR SGX530

Kelas mid end
-powerVR SGX531 ( termasuk juga ke kelas low end tergantung prosesor)
-mali 400 biasa (yg biasa dipakai di tablet2 cina)
-video core IV
-adreno 200 enchanced/ adreno 200 ++
-adreno 203
-adreno 205
-nvidia tegra 2
-powerVR SGX535
-powerVR SGX540 clock 200
-powerVR SGX544 (imo s89)
-adreno 220
-Mali 400MP2
-powerVR SGX543
-powerVR SGX544 (imo s89)
-Adreno 305

Kelas high end
-Nvidia tegra 3
-PowerVR SGX543MP4
-powerVR SGX544MP3 (Tri-Core) (galaxy s4 dan iphone 5)
-mali 400MP4
-adreno 225
-adreno 320
-adreno 330

Layar

Ketika sedang asyik bermain ponsel kita tak jarang tanpa sengaja membuat layar ponsel tergores. Hal-hal seperti ini sudah diantisipasi oleh para produsen ponsel dengan melengkapi ponsel-ponsel mereka dengan lapisan anti gores. Sony pun juga demikian, Xperia M sudah dilengkapi pelindung layar Scratch Resistant Glass yang mampu membuat layar ponsel untuk tetap terjaga dari goresan-goresan ringan. Untuk spesifikasi layarnya, Xperia M menggunakan layar berjenis TFT 16 juta warna dengan resolusi 480×854 pixel dan kepadatan pixel sebesar 245ppi. Meski tanpa Layar yang didukung dengan teknologi Mobile Bravia Engine , namun menurut kami kualitas layar Xperia M sudah cukup bagus.
Untuk mengetahui kualitas layar Xperia M, berikut foto perbandingan layar Xperia M dengan Google Nexus 4.

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Display xperia m vs Nexus 4

Atas : Xperia M
Bawah : Nexus 4

Meskipun jenis layar yang digunakan Xperia M adalah TFT, namun bisa dilihat bahwa kualitasnya cukup bagus saat disandingkan dengan layar Nexus 4. Gambarnya tampak cerah dan jelas meskipun pada beberapa bagian (misal: gunung) warnanya tidak senatural milik Nexus 4. Untuk ukuran ponsel harga 2 jutaan tanpa Bravua Engine kami rasa kualitas layarnya sudah lebih dari cukup.

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Viewing Angle

Atas : Xperia M
Bawah : Nexus 4

Banyak layar ponsel memiliki viewing angle yang buruk sehingga saat dilihat dari samping  gambar yang dihasilkan tidak terlihat jelas. Dalam hal ini Xperia M memang kalah jika dibandingkan dengan Nexus 4 yang merupakan ponsel High End. Namun, untuk kategori ponsel kelas menengah viewing angle Xperia M cukup bagus. Hal ini ditunjukkan dengan tidak buramnya gambar yang dihasilkan layar ponsel (karena dalam beberapa kasus gambar bahkan tidak terlihat sama sekali).

OS dan Interface

Xperia M menjalankan Android yang bisa dibilang standard versi Android rata-rata smartphone saat ini karena menggunakan Android versi Jelly Bean, meski demikian OS ini kemungkinan dapat diupgrade ke versi 4.3, kita lihat saja perkembangannya nanti.  Nah, di bawah ini adalah screenshot tampilan Android Jelly Bean di Sony Xperia M.

/Screenshot tampilan

Media penyimpanan

Dalam hal media penyimpanan, standar seperti ponsel-ponsel keluaran terbaru, memori Xperia M dapat diperluas sampai 32GB dengan menggunakan microSD. Bagian dalam sudah tersedia memori internal sebesar 8 GB. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua memorinya dapat digunakan untuk menyimpan file karena sebagian memori akan termakan sistem , begitu juga dengan RAM (Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat spesifikasi Xperia M). Memori internal yang benar-benar free dan dapat digunakan untuk menyimpan file hanyalah 2.05 GB. Untuk RAM, menurut beberapa orang yang sudah menggunakannya, saat pertama kali booting , RAM yang tersedia adalah setengahnya atau sekitar 500an MB.

Konektivitas

Xperia M hadir dalam dua versi yaitu versi Single SIM dan dual SIM seperti rekan seproduksinya, Xperia E ( versi Dual SIM) dan Xperia Tipo Dual. Ponsel ini menggunakan micro SIM sehingga anda perlu untuk memotong SIM Cardnya terlebih dahulu. Fitur dual SIM Xperia M berjalan mulus, dua kartu mampu aktif bersamaan. Salah satu kartu tidak aktif hanya pada saat digunakan untuk menelepon.

Xperia M sanggup memacu data dari jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, dan HSUPA.  Bagi anda yang sering hang out dan internetan di cafe, sudah tersedia juga fitur WiFi bla bla bla. Adapun Versi bluetooth yang digunakan adalah versi 4.0 dengan fitur A2DP dan ANT+.

Usb On The Go juga tersedia dalam ponsel ini. Saat dicoba untuk membaca data dari flahsdisk melalui USB On The Go lancar-lancar saja. Namun, ketika Harddisk eksternal yang ditancapkan, Xperia M tidak kuat untuk menanganinya.

Kamera

Kualitas jepretan yang dihasilkan bergantung pada teknik memfoto, pencahayaan,  dan juga faktor lainnya. Namun, resolusi kamera juga sangat mempengaruhi. Xperia M memiliki kamera berkekuatan 5 MP dengan fitur flash dan dipadukan dengan Sensor Exmor RS, Geo-tagging, touch focus, image stabilization, HDR, dan panorama. Video yang mampu dihasilkan oleh kamera Xperia M memiliki kualitas 720p 30fps. Untuk kamera depan, tersedia sebuah kamera dengan kekuatan yang hanya VGA.

Gambar di bawah ini adalah hasil jepretan dan rekaman kamera Xperia M.

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar HDR Off indoor

Indoor : HDR Off

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar HDR on Indoor

Indoor : HDR On

 

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar Out door pagi

Outdoor : Pagi

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar outdoor siang

Outdoor : Siang

Review lengkap Sony Xperia M |  Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai dan Gambar outdoor malam hari

Outdoor : Malam Hari

 

Video Hasil Rekaman Xperia M :

Video yang dihasilkan Xperia M dalam kondisi kurang cahaya tidak mampu menghasilkan video 30fps, namun hanya 10 fps saja. Namun, saat digunakan untuk merekam objek dengan cahaya cukup baik (misalkan siang hari outdoor) frame ratenya mampu mencapai 30fps.

Baterai

Meski bukan merupakan indikator kegaharan sebuah ponsel, namun baterai juga tidak kalah pentingnya. Jika sebuah ponsel mampu melibas game-game berkualitas tinggi namun anda harus mengechargenya sampai 3 kali sehari tentu sangat merepotkan bukan? Nah,  Xperia M ini menggunakan baterai Lithium ion berkekuatan 1750 mAh. Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, kami menemukan pengguna Xperia M yang berbicara soal ketahanan baterainya.

Mantab dan irit, Ini aku pakai dari pertama beli (6 Agustus 17.30 WIB, 62%) sampai sekarang (7 Agustus 09.05 WIB, 19%) belum di charge sama sekali.

Awet banget, aku pakai buat multitasking social media & browsing doang, dari bangun tidur (0700) sampai tidur (2400) batere masih sisa 7%

Kualitas Audio

Saat digunakan untuk memainkan beberapa lagu, suara yang dihasilkan Xperia M cukup bagus, namun saat volumenya dimaksimalkan kejernihannya sedikit berkurang. Namun, anda tidak usah khawatir karena Xperia M memiliki fitur Clean Audio+ yang mampu menjernihkan kualitas suara. Dengan mengaktifkan fitur ini meskipun dalam kondisi volume max, suara yang dihasilkan tetap terdengar jernih.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M.

Kelebihan :

-Harga Hp Sony Xperia M termasuk terjangkau (2 jutaan)

-Prosesor sudah dual core dan RAM 1 GB mengingat rekannya Xperia U , Xperia Sola,  Xperia J, dan Xperia GO pada rentang harga yang sama beberapa prosesornya masih single core dan RAM masih 512MB.

-Hasil kamera lumayan bagus

-Baterai awet

-Kemampuan Multi Tasking Bagus

-Viewing Angle Layar dan Kualitas Gambar cukup bagus meski tanpa Bravia Engine.

-Desain Premium

Kekurangan

-Bagian back cover terbuat dari bahan

-Usb OTG tidak mampu membaca Harddisk Eksternal

- Sensor Exmor RS tidak begitu terasa

- Video yang dihasilkan di kondisi kurang cahaya hanya 10fps

 

tags: , ,

Related For Review lengkap Sony Xperia M | Kelebihan dan Kekurangan, Hasil Kamera, Ketahanan Baterai